Jenis dan Metode Transmisi

Jenis Transmisi


Jenis Transmisi Transmisi dibedakan menjadi dua jenis yaitu transmisi paralel dan transmisi serial. penjelasannya adalah sebagai berikut.

1. Transmisi paralel


Prinsip kerja transmisi paralel adalah mengalirkan semua bit data dari peranti pengirim (source) ke peranti tujuan (destination) secara bersama-sama dengan membagi data menjadi 8 bit ASCII yang dilewatkan melalui 8 kanal yang berbeda dalam waktu yang bersamaan. Setelah tiba pada alamat tujuan, baru kemudian 8 bit data dalam kanal berbeda tersebut diolah kembali menjadi sebuah data yang dapat dibaca.

Kelebihan sistem transmisi paralel adalah memiliki kecepatan yang tinggi. Namun, kecepatan transmisi akan menurun jika jarak tempuh media semakin panjang karena kekuatan sinyal yang semakin melemah. Teknik ini dipakai dalam transmisi sinyal dari CPU ke printer, maupun dari drive CD ke hardisk. Namun demikian, metode transmisi paralel ini kurang baik untuk digunakan pada hubungan jarak jauh.

2. Transmisi serial


Berbeda dengan jenis transmisi paralel, teknik transmisi serial hanya menyediakan satu jalur pengiriman data. Bit-bit data akan dikirimkan secara berurutan melalui jalur yang sama. Bit data Yang dikirim mengandung alamat tujuan data, isi data, dan alamat pengirim. Dengan model Pengiriman sinyaI secara berurutan, bit data dapat ditransmisikan dengan baik meski dalam jarak Yang cukup jauh, contohnya, transmisi data antar gedung. Metode ini lebih sering digunakan pada transmisi data dalam jaringan komputer.

Metode Transmisi


Berdasarkan metode transmisi yang digunakan dalam proses pengiriman data, jaringan komputer dibedakan menjadi dua, yaitu teknik pengiriman baseband dan broadband.

1. Teknik pengiriman baseband


Pada metode ini, data digital langsung dikirim melalui media transmisi satu saluran tanpa mengalami perubahan apapun. Oleh karena itu, dibutuhkan peralatan multiplexing yang disebut Time Division Multiplexing, yaitu multipleks yang dilakukan berdasarkan waktu. Prinsipnya adala. mengatur pengiriman data dari tiap terminal berdasarkan interval waktu selama waktu pengiriman data.

Kelebihan :
a. Biaya instalasi lebih murah, karena tidak memerlukan modem.
b. Sederhana dalam konstruksinya.
c. Lebih mudah dalam melakukan instalasi jaringan dan perawatan lebih mudah dilakukan.

Kelemahan :
a. Dalam satu waktu hanya satu pasang komputer yang dapat berkomunikasi sehingga kapasitas pengiriman menjadi terbatas.
b. Oleh karena tidak mengalami perubahan data, jarak media memengaruhi kekuatan sinyal.
c. Sambungan kabel ground (pengaman) susah.
d. Untuk area luas dibutuhkan biaya instalasi yang mahal.

2. Teknik pengiriman broadband


Metode ini mengubah sinyal digital ke bentuk analog. Media yang digunakan berupa kabel koaksial broadband. Data dari tiap terminal dapat menggunakan satu saluran dengan frekuensi yang berbeda-beda.

Kelebihan :
a. Kecepatan dan kapasitas pengiriman data Iebih baik.
b. Untuk daerah jangkauan cukup yang luas, wireless merupakan solusi terbaik karena murah dan andal.

Kelemahan :
a. Biaya modem mahal.
b. Delay time (waktu tunda) cukup lama karena harus dimodulasi terlebih dahulu.
c. Instalasi dan perawatan cukup sulit.
d. Harga media transmisi non-kabel relatlf cukup mahal.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Jenis dan Metode Transmisi"

Post a Comment