Pengenalan Bahasa Pemrograman JAVA

Pendahuluan

JAVA merupakan bahasa pemrograman berbasis OOP (Object Oiented Programming) yang dapat dijalankan dijalankan di berbagai platform komputer, seperti desktop, smartphone, maupun telepon genggam. Bahasa pemrograman JAVA, pada mulanya didirikan oleh James Gosling yang bergabung di dalam Sun Microsystem pada tahun 1995. Bahasa pemrograman JAVA banyak mengadopsi sintaks yang digunakan oleh bahasa pemrograman pendahulunya, yaitu bahasa C dan C++. 

Sejarah Perkembangan JAVA

Pada mulanya, bahasa JAVA terlahir dari project yang bernama The Green Project. Project tersebut berjalan selama 14 bulan dari awal 1991 hingga tahun 1992. Sebelum bernama JAVA, proyek ini bernama OAK yang terinspirasi dari pohon yang berada di samping kantor Sun Microsystem. Akan tetapi, karena nama OAK terasa kurang, maka pada akhirnya nama bahasa pemrograman tersebut diubah menjadi bahasa JAVA yang terinspirasi dari nama kopi tubruk kesukaan James Gosling yang berasal dari pulau Jawa, Indonesia. Versi awal rilis JAVA dimulai pada tahun 1996 dengan kode versi 1.0 yang menyertakan beberapa library dasar Java, seperti java.lang, java.io, java.util, java.net, java.awt, dan java.applet.

Kelebihan dan Kekurangan JAVA

  • Kelebihan JAVA

  1. Multiplatform / dapat berjalan di berbagai perangkat.
  2. Memiliki konsep OOP, sehingga kode program dapat lebih dipetakan atau dipecah.
  3. Kelas library yang lengkap.
  4. Memiliki sintaks yang mirip dengan C++, sehingga sangat mudah bagi programmer C++  yang ingin mempelajari bahasa JAVA.
  5. Penggunaan memori secara otomatis. 
  6. Tulis sekali jalankan dimana-mana.
  • Kekurangan JAVA

  1. Mudah didekompilasi
  2. Penggunaan memori yang banyak, sehingga agak berat saat di run. 

Contoh Kode Program Menggunakan JAVA

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Pengenalan Bahasa Pemrograman JAVA"