Struktur Bahasa Pemrograman JAVA



Pada postingan sebelumnya telah dijelaskan tentang Pengenalan Bahasa Pemrograman Java yang bisa kalian baca kembali sebelum membaca artikel Struktur Bahasa Pemrograman JAVA ini. Pemahaman akan struktur di JAVA menjadi hal yang sangat penting, karena dengan pemahaman tersebut, akan mempermudah mempelajari bahasa pemrograman ini nantinya. Oke, langsung saja akan saya jelaskan struktur dari bahasa pemrograman JAVA.

Kita pasti sudah tau, bahwa setiap bahasa pemrograman memiliki ciri khas masing-masing di dalam penulisan sintaksnya, dan tentunya antara satu bahasa pemrograman satu dengan bahasa pemrograman lainnya akan memiliki struktur dan sintaks yang berbeda-beda. Bagi orang awam atau pemula yang mulai belajar JAVA, mungkin akan sedikit bingung apabila memahami struktur dan sintaks bahasa pemrograman JAVA, dikarenakan bahasa JAVA sendiri memiliki sintaks yang lebih panjang untuk dihafal bagi pemula apabila dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Akan tetapi jangan khawatir, karena dalam mempelajari suatu hal pasti akan selalu ada masalah yang dihadapi, oleh karenanya Anda dapat belajar JAVA secara perlahan namun pasti.

Sebelum mempelajari struktur di JAVA, coba amati terlebih dahulu program Hello World di JAVA berikut ini.
 

Struktur Dasar Bahasa Pemrograman JAVA

Di dalam bahasa pemrograman JAVA, strukturnya terbagi menjadi empat bagian berikut:
  1. Pendeklarasian Package / Paket
  2. Impor Library JDK (Java Development Kit)
  3. Nama Class 
  4. Method Main
Contohnya, seperti berikut ini:


Oke, sekarang akan kita pelajari satu persatu empat bagian tersebut.

1. Pendeklarasian Package / Paket

Sebelum saya jelaskan lebih jauh mengenai package di JAVA, pasti kalian bertanya-tanya apa sih package itu? Oke, daripada kalian semakin bingung, akan saya jelaskan pengertian / definisi package.

Package adalah suatu folder atau direktori tempat dimana satu atau beberapa file JAVA berada.

Package berfungsi untuk mengelompokkan class JAVA yang masih memiliki hubungan dengan class JAVA lainnya, sehingga nantinya akan mudah dipahami. Sebagai contohnya, pada program JAVA diatas telah dituliskan cara deklarasi package, yakni:

Seperti pada contoh diatas, untuk mendeklarasikan sebuah package, kita memerlukan beberapa langkah, yaitu:
  1. Menuliskan keyword package, yang berfungsi untuk memberitahukan kepada JVM (Java Compiler Machine) bahwa suatu class JAVA terdapat di package tersebut.
  2. Penulisan package nama, yaitu dituliskan nama domain terlebih dahulu, diikuti tanda titik, lalu dilanjutkan dengan penulisan nama perusahaan / company. 

2. Impor Library JDK (Java Development Kit)

Selanjutnya adalah melakukan impor library dalam program JAVA. Akan tetapi, akan saya jelaskan terlebih dahulu tentang library.

Library merupakan sekumpulan kelas atau method yang telah disediakan di dalam JDK (Java Development Kit) sehingga memudahkan kita dalam melakukan pengkodean di dalam bahasa pemrograman JAVA.
Seperti pada contoh program sebelumnya, kita dapat mengimpor library dengan cara berikut:

 Langkah-langkah di dalam mendeklarasikan suatu library antara lain:
  1. Menuliskan keyword import
  2. Menuliskan package tempat kelas berada, sebagai contoh, dapat kita tulis java.util.
  3. Menuliskan nama class yang akan di impor, sebagai contoh, kita memuliskan kelas Scanner.

 3. Nama Class

Langkah selanjutnya ialah menuliskan nama class di JAVA, contohnya seperti berikut:

Untuk menuliskan nama kelas, bisa menggunakan keyword class yang diikuti nama kelas, yakni HelloWorld. untuk keyword public sendiri, merupakan access modifier yang akan kita pelajari di pertemuan selanjutnya.

4. Method Main

Oke, selanjutnya ialah method main. Method main() adalah suatu method atau fungsi yang akan dieksekusi oleh JAVA pertama kali sebelum method-method lainnya. Contoh dari kodenya adalah:

Cara penulisan method main, kita cukup menuliskan keyword void (apabila method tersebut tidak memiliki nilai balik atau return value). Lalu diikuti penulisan parameter String[] args yang akan menyimpan nilai dari argumen di command line yang dimasukkan user. Dan yang terakhir ialah menuliskan statement atau pernyataan di dalam scope (tanda { dan }) yang terdapat di dalam method main().



Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Struktur Bahasa Pemrograman JAVA"